Pokemon Shield Review -Indonesia-

Sumber: Pokemon

Halo, akhirnya setelah lama pengen nulis sesuatu terkait dengan my favorite franchise akhirnya punya waktu juga hhhh. Jujur gue excited banget waktu game ini diumumin Feruari tahun ini, apalagi ngeliat preview shot yang ada di Pokemon Direct bikin gue kejang-kejang. Jujur alasan gue beli Switch juga sebenernya karena buat main Pokemon doang. Lalu akhirnya kemaren tanggal 15 November the game arrived in my hand!!! Sumpah rasanya mau nangis pas ngebuka paketnya, ini juga pertama kalinya beli game yang gak second dan setelah terakhir beli game bulan Februari. Oke jadi kita mulai aja ya review (atau pengalaman mungkin lebih tepat kali ya hhh) untuk Pokemon Shield ini. Review ini berdasar kepada pengalaman yang gue rasakan selama main game ini dan mungkin akan diupdate lagi setelah gue bener-bener selesai karena gue sampe sekarang belom selesai main story-nya hhhh.



Oke jadi opening dari game ini dimulai dengan penyampaian pesan-pesan dari chairman Rose terkait sama battle competition di Galar. Jujur ya menurut gue opening ini agak lemah dibandingkan sama openingnya Sun/Ultra Sun/Moon/Ultra Moon. Karena ini tuh kesannya kayak cuma perkenalan biasa doang yah kayak di gen enam ke bawah selalu disambut sama profesor. Kalo di game gen 7 pas dimulai langsung drama banget dengan Lily dikejer sama Aether Paradise. Untuk bagian-bagian awal game-nya cukup standar sih, sedikit perkenalan karakter keliling kota pertama (Jujur ya setelah gen 6 gue sulit ngapalin nama kota-kota yang ada di pokemon, bahkan satu-satunya kota di Kalos yang gue inget diluar kepala cuma Lumiose wkwkwkwk). Dari pertama keluar rumah menurut gue Gamefreak berusaha nunjukkin kalo Galar ini luas dan 'gede' banget. Sayangnya menurut gue meskipun gimana ya, it feels empty but it feels alive at the same time. Spacenya kerasa hidup karena pokemon liar yang muncul di rerumputan, tapi di saat yang sama menurut gue rasanya kosong karena gerakan pokemon yang kaku dan space yang gak kepake banget. Mungkin ini udah dibahas di banyak review lain tapi jujur gue seneng banget pas bagian pemilihan starter dan pas battle pertama gak bertele-tele.




LOOK AT THESE BABIES


Jujur pas pemilihan starter ini gemes banget bye

Selesai dari dua kota pertama sebenernya udah bebas untuk geraknya, tetep ngikutin alur story yang ada tapi gak berhenti tiap 5 langkah hhh. Abis dari dua kota pertama juga akhirnya bakal ketemu sama fitur favorit baru gue di game ini, Wild Area. Menurut gue Wild Area ini menjadi salah satu strength point Sword/Shield sekaligus kelemahan game ini. Dari kelebihannya dulu ya, kelebihan pertama adalah kebebasan untuk menjelajah di area ini. Yah mungkin gak sebebas BoTW, tapi punya kontrol kamera jalan kesana kemari dengan pokemon liar yang muter-muter itu berasa sangat surreal. Mulai dari pokemon yang lemah sampe pokemon yang kuat semuanya ada disini and it feels so exciting. Apalagi karena kita bisa ngeliat pokemon yang muncul kita bisa selektif dan milih yang emang belom kita punya aja.

Ada juga Max Raid yang waktu awal kemunculannya gue gak terlalu tertarik tapi abis main jadi kecanduan. Pas pokemonnya jadi gede dan berantem bareng orang lain itu membawa kepuasan tersendiri. Apalagi selesai max raid battle dapet item yang lumayan bagus dan pasti berguna gitu lho. Untuk Max Raid ini kita bisa bikin sendiri atau join orang lain, saran gue sih stay connected to the internet soalnya gue sering ikut Gigantamax raid dari fitur Y-comm. Speaking of Gigantamax, di tengah game (and by it I mean 30 hours in lol) gue baru sadar dong kalo Gigantamax pokemon cuma available di Wild Area, jadi pokemon yang lo punya gak bakal bisa Gigantamax. Ini tuh bikin gue agak nyesel buat masukkin Corviknight ke party, tapi gue sudah attached ke sobat burung satu ini jadi gak tega buat masukkin ke PC lagi. Oh dan gue juga baru sadar di 15 atau 20 jam main gitu kalo lo gak bisa nangkep pokemon level tinggi di Wild Area sebelum ngalahin gym leader jadi kalo lo baru masuk awal-awal kayaknya main di raid yang bintang satu dulu aja.

Look at this giant GOOD BOI

Wild Area ini juga berfungsi buat hub dengan player lain via internet. Jadi buat yang sering ngomong pengen pokemon MMO ini mungkin jadi the closest thing we have for that. Sangat direkomendasikan buat ngomong sama player lain ini karena mereka sering ngasih barang yang berguna banget. Mulai dari bahan buat kari sampe barang mahal kayak nugget, pearl, dsb. Bahan-bahan buat kari ini penting banget soalnya kare itu bisa buat ngebalikin HP pokemon sama bikin mereka lebih friendly ke player. Kayakya buat satu sesi online aja gue bisa dapet seenggaknya lima sampe enam bahan, jadi gak buang-buang watt buat beli. 




LOOK AT THIS CUTIE EYE-

Seperti yang tadi gue bilang Wild Area ini jadi kekuatan sekaligus kelemahan Pokemon Sword/Shield, meskipun banyak banget faktor positif dari adanya Wild Area ini tapi bukan berarti gak ada sisi negatifnya. Oke pertama dulu deh, adanya slowdown/lag kalo online di Wild Area. Slowdown ini bakalan keliatan banget apalagi kalo misalnya lagi rame di layar. Sebenernya mungkin kedengeran remeh sih dan ini no big deal buat gue, tapi yhaaa kinda hoping for this kiind of thing not happening. Kedua sih, grafik di Wild Area ini gimana ya, jujur agak kurang bagus dibanding area area lain. Maksud gue ada Ballonlea dan Hammerstocke yang jujur itu bagus banget buat standar pokemon. Pas diliat lagi gak heran sih pas orang-orang bilang grafiknya mirip sama PS 2 hhh. Gue mungkin bukan orang yang peduli banget soal grafis tapi jujur even as a long time fan i'm quite dissapointed.

Rumputnya begini dong bye jele banget

Anyway, mungkin segitu aja sih perspektif gue untuk Wild Area ini. Jujur yang menarik gue buat beli ini adalah Wild Area hhh. Untuk gameplaynya sendiri agak standar cuma Dynamax dan Gigantamax ini cukup menarik sih buat strategi main, terutama buat Metagame. Karena semuanya bisa Dynamax jadi harus selalu siap-siap karena kita gak tau mana pokemon yang bakal di Dynamaxin sama musuh kalo main online. Dynamax ini ngasih kesempatan buat semua pokemon biar bisa ikut tanding kalo di meta hhh, mirip kayak Z-moves lah, tapi dengan efek yang lebih lama dibanding Z-move yang cuma sekali I can't wait to see the pokemon that'll people use. Hal lainnya terkait metagame yang diupdate di Sw/Sh itu kemampuan buat ganti nature, ability, Exp Candy, dan unlimited use of protein dkk.

Beat'em story in less than 30 hours

Yah untuk dapetin IV yang perfect emang masih agak susah sih, mau gak mau harus tetep breeding. Namun, dengan adanya berbagai macam fasilitas yang mempermudah ngerawat pokemon buat competitive battle ini jadi enak lah. Mau naikin level tinggal pake Exp Candy, mau ganti ability tinggal pake ability capsule, mau naikin EV langsung kasih vitamin kayak protein dkk. Kalo mau jadi juara sih emang harus ada effortnya, masa mau dapet ini itu cuma mau santai-santai www.

Oke jadi mungkin buat dirangkum aja ya biar cepet hhh

Things that I like

  • Galar looks great (In some point lol)
  • Pokemon Camp
  • Dynamax
  • Easier for meta
  • Interactivity within Wild Area
  • Max Raid
  • Karakternya cukup memorable
  • CASUAL CONTROL!!!! (Sumpah ini berguna banget sebagai pengguna tj/kereta kayak gue, jadi masih bisa main sambil pegangan)
Things that I don't like
  • Galar gede, tapi rasanya kosong, kayak mestinya bisa dikembangin lagi
  • Kurangnya side activity selain berantem/battle tower
  • Grafik dan animasinya di beberapa tempat
  • Gak ada GTS (Jujur ini kesel banget)
  • Y-Comm yang kurang cepet updatenya (Demi ketinggalan Gigantamax raid terus :(((( )
  • Ceritanya sih, entah kenapa ceritanya Sun/Moon sama B2/W2 masih lebih menarik in my opinion
Oke jadi Overall mungkin Pokemon Sword/Pokemon Shield ini dapet skor 8/10 dari gue. Kalo kalian punya switch dan tertarik untuk main pokemon mungkin mendingan ambil ini dibanding seri Let's go. Cuma menurut gue ini belom bisa dimasukkan ke kategori Must play untuk Nintendo Switch, maybe try better in the next entry.

(All the pictures are taken directly using Switch screenshot feature)




Share on Google Plus

About Aditya Wicaksono

An Idol fans who currently studying sociology.

0 komentar :

Posting Komentar