Terima kasih untuk dedikasinya, 3DS!

Nintendo 3DS, konsol handheld keluaran Nintendo ini sepertinya sudah memasuki masa senjanya. Jujur sedih juga ya karena keluarga DS ini udah ada dari 2004 dan setelah keluarnya Switch tahun 2017 kemarin sepertinya menjadi penutup keberlanjutan handheld ini hahaha. Untuk post kali ini mungkin mau cerita sedikit tentang pengalaman selama memiliki 3DS ini, plus minus menurut opini pribadi, dan apa yang masih ingin dilakukan buat handheld ini. Omong-omong ini post pertama setelah terakhir ngepost itu 2016 hahaha, udah 2019 aja ya. Oh well, without further ado here we go!

Kiri ke kanan: 2DS, New 3DS XL, dan New 2DS XL (Sumber: Nintendo Europe)

Perjalanan gue buat bisa punya konsol handheld ini gak gampang sih (menurut gue gak gampang gak tau kalo orang lain hahaha). Gue beli 3DS yang sekarang gue pegang itu awal Oktober, gue ambil yang New 3DS XL, secondhand sih cuma menurut gue lumayan lah. Dulu gue belinya via facebook dari orang yang tinggal di Jawa Tengah, setelah dipikir pikir lagi untung banget ya gue gak ketipu soalnya langsung transfer gak pake Tokopedia atau semacemnya. Sebenernya keinginan untuk beli 3DS atau keluarga DS lainnya ini udah ada dari gue SMP-SMA (Sekitar tahun 2010an waktu kelas 8 kayaknya mulai ngebet banget). 

Cuma akhirnya keinginan itu jadi sangat menggebu dan memuncak waktu tahun 2016 karena dua hal: Pokemon GO dan Pokemon Sun & Moon trailer. Pokemon GO membangkitkan lagi rasa cinta gue kepada Pokemon. Don't get me wrong though gue selalu mencintai Pokemon, tapi sejak rilisnya X & Y di 3DS dan gue yang tidak memiliki cara memainkannya membuat rasa cintanya tidur sebentar. Waktu trailer pertama Pokemon GO keluar jujur gue excited banget dan gue gak bohong demi apapun gue lebih excited ngeliat trailer ini dibanding ngeliat tulisan diterima di UI waktu SNMPTN. Yah intinya Pokemon GO ini memunculkan kecintaan gue kepada Pokemon.

Beberapa bulan kemudian trailer pertama buat Pokemon Sun & Moon rilis dan gue mau nangis kombinasi seneng, sedih, kaget yah pokoknya langsung ngomong "Hamina hamina hamina". Abis liat trailernya gue langsung mikir "Anjir generasi tujuh udah mau keluar aja sementara generasi enam aja gue belom pernah mainin" dan berawal dari situ gue akhirnya membulatkan tekad bahwa tahun ini gue harus punya 3DS. Mulai awal semester dua itulah akhirnya gue bener-bener nahan gak jajan sama sekali, dulu belom kepikiran buat ambil kerjaan atau kepanitiaan berbayar (Maklum saya diberikan privilege ekonomi yang menengah ke atas ehe). Dulu uang jajan gue perminggu 250.000 lumayan banget apalagi sebulan kalo cuma jajan 50.000 perminggu sebenernya bisa tuh, tapi ya emang sayanya saja yang kurang bisa menahan diri hehe jadi sampe pertengahan tahunpun baru kekumpul sejutaan hehe.

Akhirnya akhir September apa awal Oktober gitu uangnya kekumpul dan cus gue beli 3DS yang sekarang gue pegang. Gue excited banget karena ini konsol pertama yang gue beli tanpa minta dibeliin dan konsol kedua setelah PS 2 yang rusak tahun 2009, still miss you buddy. Tentu saja game pertama yang gue beli bareng 3DS terseut adalah Pokemon X because I love Pokemon duh. Gila seneng banget akhirnya gue bisa bermain Pokemon secara legit tanpa harus bergantung kepada emulator, my midschool-highschool self will be proud of me for sure. Gue tau sangat telat sih tapi waktu gue dapet itu 3DS gue sangat terpukau kepada teknologi 3D tanpa kacamata yang jadi nilai khususnya. Cuma gue bingung ya kan itu secondhand tapi Circle pad sama C-sticknya udah agak jelek gitu padahal model yang New 3DS keluarnya 2015, sekasar apa pemilik sebelum gue memainkan 3DSnya.

Ehe ini pas starternya udah berubah
Punya konsol handheld ini merupakan blessing tersendiri buat gue yang selalu berusaha tepat waktu. Karena gue selalu berusaha tepat waktu maka tiap ada janjian atau ketemuan lainnya gue selalu sampe pertama dan nungguin orang lain itu nyebelin banget. Dengan adanya 3DS ini gue bisa buang-buang waktu dulu sambil nungguin orang hhh. Cinta banget deh pokoknya sama handheld satu ini, bener-bener travelmate banget. Aspek yang paling gue suka sih foldable design-nya, karena mesinnya dilipet gue gak perlu khawatir layarnya kenapa-kenapa kalo ditaro di dalem tas. Beda banget sama Switch yang masih agak khawatir kalo ditaro di dalem tas, takut layar atau analognya kena gitu. Apalagi gue udah ganti analog switch tiga kali dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Kedua, 3DS ini lebih gampang dibawa kemana-mana dibanding dengan Switch. Karena desainnya yang dilipet selain aman, 3DS ini lebih gampang dimasuk-keluarin dari tas dan gak makan banyak tempat. 3DS ini juga KRLable banget karena kalo KRL penuh dilipet aja terus dipegang tanpa khawatir kalo kegencet dsb. Harga gamenya juga murah-murah lagi (dibandingin game Switch sih, kalo dibandingin sama Steam masih lebih murah Steam kemana-mana). Harga baru paling mentok 500 ribu kalo second bisa cuma 100 ribuan, sangat ramah bagi mahasiswa. Meskipun game 3DS/NDS gue kalo dikombinasikan totalnya cuma sepuluh atau sebelas hahaha. Sumpah selama tiga tahun gue punya 3DS ini cuma pernah beli game fisik baru (as in bukan second) cuma tiga kali, Pokemon Sun/Ultra Sun sama Yoshi's Wolly World.

Jujur kalo kekurangannya yang paling besar bagi gue adalah susah buat main bareng karena handheld ini buat pengalaman pribadi doang. Masalahnya kan I want to spread the joy of playing with Nintendo machine dan 3DS gak bisa melakukan itu. Kalo secara spek mungkin semuanya tahu kalo 3DS itu mesin yang amat sangat underpowered tapi menurut gue ini bukan kekurangan sih, apalagi kalo gue yang ngomong hahaha. Bukan berarti gue gak suka grafik yang bagus ya, tapi bagi gue sebuah game gak harus 60FPS dan 4K atau sejenisnya. Apalagi mengingat gue sudah terpukau pada grafisnya Pokemon gen 7, RE: Revelation, Metal Gear: Solid Snake, dan game sejenisnya. Jadi ya you kinda get the point meskipun gue gak menolak grafik bagus tapi grafik bukan penentu utama buat gue.

Jujur gue masih ada beberapa game yang masih ada di wishlist gue buat 3DS kayak Kid Icarus, Mario 3D Land, dan Kirby. Cuma sepertinya dengan kondisi gue yang belum punya kerjaan sepertinya tidak memungkinkan untuk mendukung dua konsol dan hobi idoling. Gue belum akan benar-benar mengabaikan 3DS gue, tapi sepertinya memang kita akan mendekati end of an era. Gue yang 10 tahun lalu mungkin cuma bisa ngimpi punya konsol sekarang punya DSi, 3DS, dan Switch hhhh. Memang ya semua orang itu butuh hobi, kalau enggak udah stress kali gue. Sekian untuk kali ini, semoga selanjutnya bisa lebih sering ngepost atau nulis-nulis lagi yaaa.
Share on Google Plus

About Aditya Wicaksono

An Idol fans who currently studying sociology.

0 komentar :

Posting Komentar