Tiga tujuan (Goals?) yang menyeimbangkan

Halo, akhirnya gue berkesempatan menulis lagi setelah sekian lama gak nulis. Gue baru lihat ke belakang dan gue baru sadar kalo ternyata semester tiga ini cukup membuat gue sibuk ya. Setelah gue pikir-pikir lagi gue jadi agak bingung kenapa gue bisa sesibuk ini padahal cuma ditambah dua sks dibandingkan dua semester lalu. Entah karena gue emang sedikit sulit mengerti bahan bacaan dari Bahasa Inggris atau gue emang belom terlalu bagus dalam manajemen waktu.

Sebenarnya dari semester dua gue juga udah lumayan sibuk (makasih MKT-B atas tugas kelompoknya) dan gue sempet stress untuk beberapa waktu. Gue lupa persisnya kapan tapi kayaknya dari UTS semester lalu gue menemukan cara untuk membuat perkuliahan gue terasa seimbang. Gue menetapkan tiga tujuan yang (menurut gue) harus dilakukan biar gue gak stress lagi. Tiga tujuan (atau goals, whatevs) membantu gue untuk fokus tapi di saat yang sama membuat gue merasa kalo gue telah melakukan semua hal secara seimbang.

Tujuan yang pertama gue namakan academic goals. Ya, seperti namaya tujuan-tujuan yang ada di sini berorientasi kepada target-target yang ingin gue capai dalam bidang akademik gue. Gue gak pernah ngeset target yang muluk-muluk kayak IPK gue harus 3.99 semester ini atau semua matkul nilai minimalnya harus A-, heh gila kali. Gue menargetkan hal-hal yang simple untuk gue capai seperti bahan ini harus gue baca hari ini atau gue harus duduk paling jauh dua baris dari depan, dll. Tujuan-tujuan simple yang gak muluk-muluk tapi menurut gue membantu dalam bidang akademik gue.

Tujuan yang kedua gue namakan organizational goals (berat juga ya). Tujuan ini lebih fokus ke peran-peran gue dalam organisasi dan kepanitiaan. Gue dulu sebenernya masih belum terlalu ngerti apa yang mendorong gue untuk ikut kepanitiaan dan orgaisasi sampe sekarang. Nyokap gue sih bilang dulu gue ini introvert banget terus abis ke psikiater gue jadi agak ekstrovert gitu (tapi gue gak pernah merasa melakukan hal ini). Sekarang gue mengerti kalo gue ikut kepanitiaan dan organisasi itu karena gue ingin membuat perubahan, gue ingin mendapatkan pengalaman, dan gue ingin tau apa yang ada dibalik layar dari acara-acara besar atau bagaimana organisasi bekerja. Daftar tujuan yang ada di sini gak aneh-aneh juga, lebih simple malah. Gue cuma mengusahakan untuk teratur dan berusaha sebaik mungkin (klise ya).

Tujuan yang terkahir gue namakan personal goals. Tujuan ini sebenernya lebih berhubungan kepada hiburan dan sebagainya gitu ya. Tujuan ini adalah bagian dari gue yang ingin seneng-seneng doang, jadi tujuan ini isinya cuma kayak main game, tidur, jalan-jalan. Bukan berarti tujuan ini gak penting ya, gue melihat yang namanya kerja dan main itu punya porsi yang sama dan keduanya merupakan kewajiban.

Tujuan gue menulis tiga tujuan ini sebenarnya karena belakangan ini gue merasa gak seimbang. Gue merasa kalo tujuan akademik gue mendominasi dibandingkan tujuan-tujuan lainnya. Untuk tujuan organisasi dan kepanitiaan sebenernya gue ngerti sih karena gak sesibuk dulu jadi gue gak bisa terlalu banyak bergantung sama organisasi. Tujuan personal gue seharusnya bisa mengimbangi tujuan akademik gue tapi gue ini orangnya agak keras kepala (bahkan ke diri gue sendiri). Jadi ketika ada satu tujuan dari salah satu kategori yang gue tetapkan gue gak akan bisa menggantikan tujuan itu karena gue gak akan merasakan kepuasan yang sama.

Jadi ya, tujuan gue nulis ini ,selain untuk mengeluarkan sedikit kegelisahan gue, karena gue udah lama gak nulis jadi ya mungkin ada bagusnya gue nulis setelah sekian lama. Oke gue rasa segini dulu see ya in the next update!!


Triquetra to represent my three goals

Share on Google Plus

About Aditya Wicaksono

An Idol fans who currently studying sociology.

0 komentar :

Posting Komentar